Jumat, 08 Februari 2013

Terumbu Karang

Terumbu karang adalah bangunan ribuan karang yang menjadi tempat hidup berbagai ikan dan makhluk laut lainnya. terumbu karang merupakan rumah bagi ribuan jenis binatang dan tumbuhan laut yang bernilai, ekonomis, dan estetis. namun, terumbu karang adalah salah satu ekosistem yang sangat rapuh, mudah hancur, dan sangat rentah terhadap perubahan lingkungan. 

Terumbu karang yang kita lihat dilaut sebenarnya adalah sekumpulan hewan kecil yang dinamakan polip. pertumuhan terumbu karang  ternyata sangat lambat. selama satu tahun rata-rata hanya dapat menghasilkan karang tinggi 1 cm saja. jadi, selama lebih kurang 100 tahun, karang hanya dapat tumbuh setinggi 100 cm. 

Terumbu karang bermanfaat bagi manusia, contoh manfaat terumbu karang, melindungi pantai dari hantaman ombak,sumber penghasilan bagi para nelayan, dan kekayaan pariwisata bahari yang berdaya jual tinggi. selain itu, terumbu karang juga menyediakan sumber protein bagi masyarakat, dan sebagai salah satu sumber obat-obatan untuk berbagai macam penyakit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar